Mail-Server dengan Posfix

MAIL SERVER

Tujuan :

1. Mengenalkan tentang konsep Mail Server di Linux.

2. Memahami cara instalasi Mail Server di Linux.

3. Mampu melakukan troubleshouting di Linux.

Postfix

Postfix adalah Mail Transfer Agent yang dikembangkan oleh Wietse Venema. Beberapa

fitur yang ditawarkan oleh Postfix:

  • Performance. Postfix mampu melayani sejuta e-mail dalam sehari. Hal ini menunjukkan kalau Postfi x dapat dikategorikan sebagai mail server berskala besar.
  • Kompatibilitas. Postfix sangat kompatibel dengan Sendmail (yang sudah banyak dipergunakan orang sebagai MTA di UNIX).
  • Postfix terdiri beberapa program kecil yang saling tidak percaya. Jika Sendmail hanya mempunyai satu program besar dan satu file konfigurasi besar, Postfix memiliki program-program kecil yang menjalankan tugasnya secara spesifik.
  • Keamanan. Postfix dijalankan dengan proteksi bertingkat, oleh program-program kecil yang saling tidak percaya. Masing-masing program dijalankan oleh user khusus (bukan setuid).
  • Multiple Transport. Postfix dapat mengirim surat dengan modus SMTP (Simple Mail Transfer Protocol) dan UUCP (Unix to Unix Copy Protocol) sekaligus.
  • Mendukung format Maildir. Maildir adalah format boks penyimpanan surat dalam bentuk folder daripada berbentuk satu file (mbox).
  • Kemudahan konfi gurasi. Meskipun Postfix terdiri dari banyak program kecil, namunhanya memiliki satu fi le konfi gurasi yang mudah untuk di-setting, yakni /etc/postfi x/main.cf.

Cara kerja Postfix

Berikut sekilas gambaran bagaimana Postfix bekerja:

  1. Jika ada mail lokal, maupun mail remote yang mempergunakan SMTP, diletakkan ke dalam direktori /var/mail/postfix/maildrop. Direktori ini world writable, dan permission-nya selalu dicek oleh pickup daemon setiap kali ada mail masuk.
  2. Di sini akan dicek host, domain, maupun username yang dituju. Pengecekan juga termasuk yang didefi nisikan di /etc/aliases dan ~/.forward. Jika bermasalah, mail akan dikembalikan ke pengirim. Biasanya ada satu tembusan ke postmaster.
  3. Dari maildrop, mail akan di-clean-up dengan menambahkan header, dan meletakkannya di direktori /var/mail/postfix/incoming. Di sini program queue manager akan diaktifkan.
  4. Queue Manager akan memisahkan mail-mail yang ditujukan untuk jaringan lokal dan mail yang ditujukan untuk host/jaringan remote. Jika ada mail yang macet, Queue Manager akan memilahnya, sehingga tidak mempengaruhi pengantaran mail lainnya.
  5. Trivial-rewrite adalah program yang dipanggil oleh Queue Manager untuk resolving alamat dari tujuan surat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: