hadist

Diriwayatkan dari Bukhari dari Basar Bin Ubaidillah Al-Hadhrami, bahwa ia mendengarkan Abu Idris Alkhaulani, bahwa ia mendengarkan Hudzaifah bin Yaman berkata: Dulu orang2 bertanya kepada Rasulullah tentang kebaikan, sedang aku bertanya pada beliau tentang keburukan, karna aku takut keburukan itu menimpaku. Aku berkata: “Wahai Rasulullah dulu kami berada pada kebodohan dan keburukan. Lalu Allah datang kepada kami kepada kebaikan ini. Apakah setelah kebaikan ini ada keburukan? Beliau berkata: “Ya”. Aku berkata apakah setelah keburukan ini ada kebaikan? Beliau berkata:”Ya”. Dan didalamnya ada kerusakan.” Aku berkata: “Apakah kerusakannya?” Beliau berkata: “Suatu kaum yang memberi petunjuk dengan selain jalanku. Kamu mengetahui kemungkaran mereka dan mengingkari mereka.” Aku berkata: “Apakah setelah kebaikan ada keburukan?” Beliau berkata: “Ya. Para penyeru di pintu jahanam. Barangsiapa memenuhi panggilan mereka, maka mereka akan melemparkannya kedalam jahanam.” Aku berkata: “Wahai Rasulullah, sebutkanlah ciri-ciri mereka.” Beliau berkata: “Mereka dari kulit kita, dan mereka berbicara dengan bahasa kita.” Aku berkata: “Lalu apa yang engkau perintahkan padaku jika itu menimpaku”. Beliau berkata: “Tetaplah bersama jema’ah kaum muslimin dan imam mereka.” Aku berkata: “Jika mereka tidak memiliki jema’ah, dan tidak pula iman?” Beliau berkata: “Asingkanlah diri dari kelompok itu, meskipun kamu berpegang teguh pada pokok sebuah pohon. Sampai kematian mendatangimu, sedang kamu dalam kondisi itu.”

Leave a Reply

