Sistem IG

Hampir setiap keputusan yang telah menjadi bagian dari kehidupan kita sehari-hari , mempunyai kaitan dengan fakta geografi. Semakin kita paham atau mengenal akan keadaan geografi dilingkungan kita , semakin baik kesimpulan atau keputusan yang kita lakukan. Banyak negara didunia yang mengeluarkan dana miliaran dollar dengan memanfaatkan perkembangan dalam bidang teknologi komputer dan teknologi lain terkait untuk mengoptimalkan pemahaman tentang geografi. Hal ini diperkirakan akan berlangsung hingga dekade mendatang.

Beberapa topik yang akan membantu anda untuk memahami SIG dengan lebih baik :

  • Apakah SIG itu ?
  • Pertanyaan yang dapat dijawab SIG

Apakah SIG itu ?

Dalam upaya untuk meningkatkan pemahaman akan penomena dan kondisi yang berkaitan dengan geografi, sejalan dengan perkembangan dalam bidang ilmu komputer dan teknologi elektronika, oleh ahli-ahli di negara maju , dibangun suatu sistim yang dapat mengintegrasikan dan mengkoordinasikan segala kegiatan dan fakta yang berkaitan dengan geografi yang disebut dengan sistim informasi geografi. SIG bukan sekedar sistem komputer untuk pembuatan peta, melainkan dapat juga merupakan alat analisis.

Keuntungan utama alat dari SIG adalah memberi kemungkinan untuk mengindentifikasi hubungan spasial diantara feature data geografis dalam bentuk peta. SIG tidak hanya sekedar menyimpan peta menurut pengertian konvensional yang ada dan SIG tidak pula sekedar menyimpan citra atau pandangan dari area geografi tertentu. Akan tetapi, SIG dapat menyimpan data menurut kebutuhan yang diinginkan dan menggambarkan kembali sesuai dengan tujuan tertentu. SIG menghubungkan data spasial dengan informasi geografi tentang feature tertentu pada peta. Informasi ini disimpan sebagai atribut atau karakteristik dari feature yang disajikan secara grafik.

Sebagai contoh, jaringan jalan dapat disajikan dengan jalur tengah jalan ( road centerlines ), pada keadaan ini, representasi visual yang sebenarnya dari jalan tidak akan memberikan terlalu banyak informasi tentang jalan tersebut. Untuk memperoleh informasi tentang jalan, misalnya lebar atau jenis jalan, kita dapat menanyakan ke database, kemudian menentukanan simbol tampilan jalan menurut jenis informasi yang perlu ditampilkan.

SIG dapat juga menggunakan atribut yang tersimpan untuk menghitung informasi baru mengenai feature peta :

  • sebagai contoh, untuk menghitung panjang jalan tertentu atau mendeterminasi luas total dari jenis tanah tertentu.

Saat ini SIG digunakan untuk aplikasi yang beragam, antara lain :

  • untuk kepentingan bisnis, universitas dan pemerintahan.

Definisi umum dapat dijelaskan sebagai :

  • A computer system capable of holding and using data describing places of the earth surface ?
  • Sistem komputer yang mampu menangani dan menggunakan data yang menjelaskan tempat pada permukaan bumi ?.

SIG juga dapat telah dijelaskan dengan dua cara :

  1. Melalui definisi format data; dan
  2. Melalui kemampuannya untuk melaksanakan operasi spasial, menghubungkan kumpulan data dengan menghubungkan lokasi sebagai kunci umum.

Penginputan data yang paling banyak dilakukan yang berkaitan dengan idata geografi adalah datacitra satelit. Data ini berbentuk raster atau grid. Data seperti ini dapat diproses melalui analisa dengan menggunakan perangkat lunak yang disebut sistem pemprosesan citra (Image Processing System). Data dapat juga diinput dengan memasukkan data vektor yang ada di bumi, yaitu dengan menggunakan alat yang dinamakan digitizer.

 

Semua data yang masuk disimban di data base. Database SIG berbeda dengan database sistim drafting biasa dimana dengan sistim drafting biasa , outputnya hanya berbentuk grafik dimana database SIG dapat menggabungkan data textual dengan data grafik.

 

Pertanyaan yang dapat dijawab SIG

Pertanyaan Aspasial

  • Beberapa jumlah rata-rata orang yang bekerja disetiap lokasi ? adalah penanyaan non spasial, jawabannya tidak memerlukan nilai lattitude dan longitude yang menunjukkan dimana lokasinya dan hubungannya ke lokasi lain.

Pertanyaan Spasial

  • Apakah pusat kotanya terletak didalam radius 1.000 mil dengan kota lainnya . Rute terpendek mana yang melalui semua pusat kota ini ?. Ini adalah penanyaan spasial yang hanya dapat dijawab dengan menggunakan data lattitude dan longitude, serta informasi lainnya. Kita dapat juga menghitung misalnya hilangnya hasil kayu dalam radius 100 meter dari jalan yang ada dengan mengimplementasikan fungsi buffer ( yang ada pada aplikasi GIS) di masing-masing sisi jalan yang dievaluasi.

Hubungan Data

  • Secara khusus SIG dapat menghubungkan kumpulan data yang berbeda, seandainya anda ingin mengetahui tingkat kematian yang diakibatkan kanker pada anak-anak dibawah 10 tahun disetiap propinsi. Jika anda mempunyai satu file berisi jumlah anak pada kelompok umur ini dan file lain berisi kematian, pertama anda harus mengkombinasikan atau menghubungkan kedua file data tersebut.

Pemanduan Eksak (Exact Matching)

  • Pemanduan Eksak terjadi bila ada informasi pada satu file tentang banyak feature geografi (misalnya, negara bagian) dan informasi tambahan pada file lainnya tentang kumpulan feature yang sama. Operasi penggabungan dua file ini dilakukan dengan menggunakan kunci umum untuk kedua file tersebut (pada kasus ini, negara bagian). Dengan demikian record pada setiap file dengan nama negara bagian diekstrak, digabungkan dan disimpan di file lain.

Pemanduan hierarki (hierarchial matching)

  • Jika area yang lebih kecil terletak tepat didalam area yang lebih besar, maka penyelesaian untuk pembuatan paduan data pada area yang sama adalah menggunakan penyelesaian pemaduan hierarki ? menambah data untuk area yang lebih kecil sehingga area terkelompok dipadukan kearea yang lebih besar dan kemudian paduan eksak dilaksanakan.

Pemanduan fuzzi (fuzzy matching)

  • Jika anda ingin mendeterminasi tanah yang sangat produktif untuk tanaman tertentu, anda perlu mengoverlaykan dua atau lebih kumpulan data yang dapat menyimpulkan produktifitas untuk masing-masing tanaman pada setiap jenis tanah.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: